Salah satu program beasiswa bergengsi yang saat ini tengah dibuka adalah IsDB Scholarship yang ditawarkan langsung oleh Islamic Development Bank atau Bank Pembangunan Islam bagi negara-negara anggota IsDB serta komunitas muslim yang berada di negara non anggota IsDB. Beasiswa IsDB memiliki beragam tawaran mulai dari beasiswa S1, beasiswa S2, beasiswa S3, hingga beasiswa postdoctoral dan riset.

Yang menarik, pada beasiswa IsDB 2019 – 2020 pelamar dapat mendaftar beasiswa untuk tujuan studi di dalam negeri maupun luar negeri. Anda bebas memilih universitas atau perguruan tinggi yang dilamar dengan syarat universitas tersebut masuk dalam peringkat 10 universitas terbaik di negara tujuan. Misalnya di dalam negeri ada ITB, UGM, IPB, UI, Undip, dan seterusnya.

Beasiswa yang diberikan oleh IsDB mencakup biaya kuliah penuh yang dibayarkan langsung ke universitas, tunjangan hidup bulanan yang sepadan dengan biaya hidup di negara tempat studi, dan biaya berobat di rumah sakit umum atau rumah sakit universitas. Selain itu, bagi yang memilih kuliah di luar negeri juga memperoleh tiket pesawat pp di awal dan akhir studi, tunjuangan instalasi, serta kelengkapan pendidikan lainnya.

Bagi pelamar program master (S2), doktor (S3), dan postdoc, selain tanggungan biaya di atas, IsDB juga memberikan tunjangan komputer, serta tunjangan persiapan tesis dan konferensi.
Persyaratan:
Program S1:
1. Warga negara dari salah satu negara anggota IsDB atau komunitas Muslim di negara-negara non-anggota
2. Menyelesaikan pendidikan menengah atas (atau setara dengan pendidikan 12 tahun) dengan nilai bagus di mata pelajaran utama.
3. Tidak menerima beasiswa lain pada saat melamar dan selama studi di bawah program beasiswa IsDB.
4. Bugar secara medis dan bersedia menjalani tes medis setelah seleksi.

Baca Juga :  Beasiswa Kuliah S1 di Universitas Jepang 2019, Deadline 22 Februari 2019

Program S2:
1. Warga negara dari salah satu negara anggota IsDB atau komunitas Muslim di negara-negara non-anggota
2. Lulusan dengan predikat di atas “Baik” di jenjang sarjana
3. Bidang studi yang diusulkannya berada dalam bidang yang disetujui oleh program
4. Direkomendasikan oleh tiga referee (profesional atau akademis)
5. Tidak mencari atau menerima beasiswa atau pekerjaan bergaji lainnya selama masa studi di bawah Program yang dapat mengganggu studi atau mempersulit pemenuhan kewajiban, kecuali jika disetujui secara tertulis oleh IsDB
6. Bugar secara medis dan bersedia menjalani tes medis setelah seleksi

Program S3:
1. Memiliki minimum gelar Master (untuk studi Ph.D) di salah satu bidang program yang disetujui
2. Memiliki nilai akademik di atas rata-rata (“Sangat Baik”)
3. Lebih disukai memiliki pengalaman kerja dan / atau penelitian
4. Punya bidang studi dan/atau penelitian yang diusulkan yang terdaftar di bawah bidang studi program yang disetujui dengan relevansi ilmiah dan pengembangannya dengan negara yang ditunjukkan dalam proposal penelitian.
5. Tidak mencari atau menerima beasiswa atau pekerjaan bergaji lainnya selama masa studi di bawah Program yang dapat mengganggu studi atau mempersulit pemenuhan kewajiban, kecuali jika disetujui secara tertulis oleh IsDB
6. Bugar secara medis dan bersedia menjalani tes medis setelah seleksi.

Program Postdoc:
1. Memiliki gelar PhD di salah satu bidang program yang disetujui
2. Memiliki nilai akademik di atas rata-rata (“Sangat Baik”)
3. Harus memiliki tidak kurang dari 2 (dua) tahun pengalaman penelitian di bidangnya
4. Harus memiliki rekam publikasi / penelitian di bidang yang sama
5. Punya bidang studi dan / atau penelitian yang diusulkan di salah satu bidang yang terdaftar di bawah bidang studi program yang disetujui dengan relevansi ilmiah dan pengembangannya dengan negara yang ditunjukkan dalam proposal penelitian
6. Tidak mencari atau menerima beasiswa atau pekerjaan bergaji lainnya selama masa studi di bawah Program yang dapat mengganggu studi atau mempersulit pemenuhan kewajiban, kecuali jika disetujui secara tertulis oleh IsDB
7. Bugar secara medis dan bersedia menjalani tes medis setelah seleksi

Baca Juga :  Belum Banyak yang Tahu, 8 Negara Ini Menyediakan Beasiswa

Pendaftaran:
Permohonan beasiswa IsDB 2019 – 2020 dilakukan secara online di laman IsDB. Sebelum mendaftar Anda mungkin perlu membaca panduannya terlebih dahulu di laman tersebut. Termasuk mengetahui daftar program studi yang bisa dilamar untuk beasiswa IsDB.

Selanjutnya buat akun terlebih dahulu, kemudian lengkapi aplikasi yang diminta pihak IsDB setelah Anda login.

Pendaftaran beasiswa IsDB 2019 – 2020 dibuka mulai 16 Desember 2018 s/d 28 Februari 2019.

Seleksi kandidat diawasi oleh Komite Seleksi, terdiri dari akademisi di semua bidang terkait pengembangan dan diketuai oleh Penasihat Senior untuk Sains, Teknologi dan Inovasi (STI). Komite menyaring dan menyusun peringkat pelamar, berdasarkan kriteria seleksi sendiri, dengan tetap memperhatikan persyaratan kelayakan dan kriteria seleksi Program. Tujuannya untuk mengidentifikasi kandidat dengan potensi tertinggi, dan setelah menyelesaikan studi, mereka siap mengabdikan diri.

Kontak:
e: [email protected]
w: www.isdb.org

398 Total Views 15 Views Today

  • Beasiswa Penuh dari IsDB untuk jenjang S1, S2 & S3/Riset
  • Pendaftaran Beasiswa Fulbright 2019 – 2020, Deadline 15 Februari 2019
  • Beasiswa S1,S2 dan S3 di Brunei
  • Program Beasiswa Mizan 2015
  • Beasiswa di Shanghai University untuk S1, S2, dan S3

Anda Ingin Melakukan Polling, Silahkan di PollingKita.com