Beragam tawaran beasiswa luar negeri terpampang untuk Anda lamar. Mulai dari beasiswa universitas, beasiswa perusahaan, beasiswa pemerintah, beasiswa yayasan, beasiswa lembaga non profit, dll. Jika Anda berminat melanjutkan studi di jantung Eropa, ini salah satu kesempatan yang bisa Anda coba. Pemerintah Hongaria menawarkan beasiswa full untuk jenjang S2 dan S3 bagi Indonesia. Beasiswa ini dibuka bagi pelamar yang ingin melanjutkan kuliah penuh waktu di universitas-universitas terkemuka yang ada di Hungaria.

Pendaftaran beasiswa Hongaria ini dibuka untuk tahun akademik 2019 – 2020 melalui skema Stipendium Hungaricum Scholarship Programme yang dikelola oleh Tempus Public Foundation. Selain itu, beasiswa Pemerintah Hongaria ini juga telah bekerjasama dengan Kementerian Ristek Dikti untuk melakukan seleksi pelamar.

Nah, bagi Anda yang berminat bisa mengajukan permohonannya dari sekarang. Nantinya, bagi kandidat terpilih ada sejumlah dukungan beasiswa yang diterima, sesuai dengan jenjang studi yang dipilih.

Manfaat yang diperoleh di antaranya adalah penerima beasiswa Pemerintah Hongaria dibebaskan dari semua biaya kuliah, memperoleh tunjangan hidup bulanan hingga selesai studi sebesar HUF 40 460 (setara 130 Euro) untuk S2. Sementara, untuk jenjang S3 tunjangan bulanan diberikan sebesar HUF 140 000 (setara 450 Euro) di fase pertama pendidikan (empat semester) dan HUF 180 000 (setara 580 Euro) di fase kedua (empat semester). Tunjangan hidup tersebut diberikan hingga selesai studi sesuai durasi program.

Selain itu diberikan pula tunjangan akomodasi asrama sebesar HUF 40 000 untuk selama durasi beasiswa. Kemudian asuransi kesehatan sebesar HUF 65 000 (setara 205 Euro) per tahun untuk setiap orang.

Persyaratan:
1. Bukan warganegara Hongaria
2. Mendaftar ke perguruan tinggi dan program studi yang ditawarkan
3. Memenuhi syarat kemampuan bahasa Inggris atau bahasa Hongaria yang ditetapkan masing-masing perguruan tinggi.

Baca Juga :  Beasiswa S1 dari Tokopedia

Dokumen aplikasi:
1. Formulir aplikasi online
2. Motivation letter
3. Bukti kemampuan bahasa Inggris/Hongaria atau bahasa sesuai program studi yang dipilih
4. Ijazah terakhir beserta terjemahannya dalam bahasa program studi yang dipilih atau bahasa Hongaria
5. Transkrip nilai terakhir beserta terjemahannya dalam bahasa program studi yang dipilih atau bahasa Hongaria
6. Surat keterangan sehat yang menyatakan pelamar bebas dari penyakit AIDS, Hepatitis A, B, C atau kondisi epidemi lainnya
7. Salinan paspor atau KTP
8. Statement for Application (Tersedia di sistem aplikasi online. Pelamar hanya butuh mengklik)

Dokumen aplikasi tambahan untuk S3:
1. Rencana penelitian (minimum 2 halaman ditulis dalam Times New Roman dengan ukuran font 12 dengan menggunakan bahasa sesuai dengan program studi yang dipilih
2. Dua (2) surat rekomendasi dari pembimbing akademik atau supervisor yang ditulis menggunakan bahasa sesuai program studi yang dipilih

Dokumen aplikasi tambahan untuk jurusan Seni dan Musik:
1. Portfolio
2. Audio portfolio

Ctt: Ukuran masing-masing dokumen maksimal 4 MB. Penjelasan detil mengenai dokumen aplikasi, pilihan perguruan tinggi dan program, syarat kemampuan bahasa, statement for application, dll, tertera di panduan beasiswa Hongaria. Silakan unduh di studyinhungary.hu

Pendaftaran:
Pelamar yang ingin mendaftar Beasiswa Pemerintah Hongaria 2019 – 2020 dapat mengajukan diri secara online dengan melengkapi dokumen aplikasi yang diperlukan.

Pertama, lakukan pendaftaran secara online di laman Tempus Public Foundation. Seperti biasa, buat akun terlebih dahulu. Kemudian setelah terdaftar, siapkan dokumen aplikasi yang diminta. Scan terlebih dahulu, selanjutnya unggah ke akun yang sudah dimiliki. Harap diperhatikan, untuk dokumen aplikasi yang bahasa aslinya tidak menggunakan bahasa Inggris atau Hongaria, maka lampirkan juga terjemahan ke bahasa tersebut.

Baca Juga :  Beasiswa Diploma dan S1 dari KGSP di Korea

Pendaftaran online tersebut dibuka hingga 15 Januari 2019 pukul 23:59 Waktu Eropa Tengah. Sebaiknya ajukan sebelum deadline berakhir.

Kemenristekdikti sebagai Sending Partner akan melakukan seleksi terhadap dokumen calon pelamar yang telah lolos tecnical check yang dilakukan oleh pihak Tempus Public Foundation.

Pemberitahuan hasil akhir seleksi beasiswa akan disampaikan pada pertengahan atau akhir Juni 2019. Semoga berhasil!

Dilihat: 217

Related

Komentar