Daftar Beasiswa? Siapkan Dokumen Ini Sejak Jauh Hari

Ketika melamar beasiswa, ada beberapa dokumen yang perlu dikirimkan ke instansi donor. Tidak jarang, untuk mendapatkan sejumlah dokumen tersebut, kita memerlukan waktu yang tidak sebentar. Karena itu, jika berencana mendaftar beasiswa, terutama ke kampus luar negeri, sebaiknya kamu sudah menyiapkan berbagai dokumen tersebut sejak jauh-jauh hari, agar tidak deadline tidak terlewati. Nah, dokumen apa saja yang harus disiapkan sejak jauh-jauh hari tersebut?

Sertifikat kemampuan bahasa asing

Ujian kemampuan bahasa asing seperti IELTS, TOEFL atau lainnya butuh persiapan matang agar mendapatkan nilai yang memuaskan. Karena itu, persiapkan diri untuk belajar dan jangan ambil tes mendekati deadline pendaftaran beasiswa. Pasalnya, terkadang penerbitan sertifikat hasil tes tersebut juga butuh waktu.

Esai

Membuat esai memang gampang-gampang susah. Tidak ada yang bisa menjamin dalam semalam suntuk kamu bisa menyelesaikan sejumlah esai yang diperlukan untuk keperluan beasiswamu. Ketika mendapat informasi beasiswa, secepatnya juga kamu siapkan esai yang dibutuhkan jika menginginkan hasil yang maksimal.

Surat rekomendasi

Ini merupakan salah satu dokumen yang juga tidak selalu mudah didapatkan. Surat rekomendasi biasanya diminta dari dosen atau atasan kita. Jika mereka dalam keadaan sibuk, tentu akan sulit untuk mendapatkannya.

Personal statement

Nah, dokumen ini juga jangan sampai dikerjakan dengan sistem kebut semalam alias SKS. Luangkan waktu untuk menuliskan segala pengalaman dan skill yang kamu miliki untuk personal statement-mu ini. Tunjukkan bahwa kamu layak menjadi penerima beasiswa tersebut.