Kuliah di Swiss? Mengapa Tidak?

Apa yang terlintas di benak anda ketika mendengar nama negara Swiss? Mungkin anda langsung teringat dengan jam tangan, keju, atau cokelat. Tahukah kamu? negara di Eropa Tengah ini juga memiliki sistem pendidikan yang maju.

Kuliah di Swiss akan memberikan kepada anda jaminan kualitas pendidikan yang unggul dan kesempatan karier yang menjanjikan. Berikut 7 alasan mengapa kuliah di Swiss dapat menjadi pilihan terbaik bagi anda.

Biaya Kuliah

Biaya kuliah rata-rata di sana sebesar Rp20 juta untuk mahasiswa internasional (Rp18 juta per tahun bagi mahasiswa Swiss). Sebuah skema biaya yang cukup terjangkau bagi mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri.

Pendidikan Tinggi

Lanskap pendidikan tinggi di Swiss terdiri dari studi akademis di  2 Institut Teknologi Federasi dan 10 Universitas Kanton. Selain itu, terdapat 2 Universitas Swasta dan 7 Universitas Negeri yang fokus pada ilmu terapan dan berorientasi profesional.

Kualitas Pendidikan

Seluruh kampus di Swiss menerapkan pendidikan bermutu bagi para mahasiswanya, baik dalam hal pengajaran ataupun penelitian riset. Beberapa universitas di Swiss pun masuk dalam 200 besar universitas terbaik di dunia.

Fasilitas

Swiss memiliki dukungan proses pembelajaran dengan fasilitas dan insfrastruktur yang lengkap. Para mahasiswa juga difasilitasi dengan kelas yang representatif, dan praktikum untuk berbagai kegiatan riset.

Inovasi Berkelas Dunia

Banyak peneliti di Swiss yang telah menghasilkan karya ilmiah yang memiliki dampak besar bagi dunia. Sejak 1950, Swiss juga konsisten masuk pada jajaran penerima Nobel. Beberapa sektor yang unggul yakni teknik, farmasi, dan kimia.

Multikultural

Swiss merupakan negara yang menggunakan multi-bahasa yakni Italia, Romawi, Jerman, dan Prancis. Hampir setengah dari mahasiswa doktor di sana merupakan mahasiswa asing. Selain itu, Kota Jenewa merupakan pusat lokasi badan internasional seperti UNHCR, PBB, ILO, dan WHO.

Standar Hidup Tinggi

Biaya hidup di Swiss memang tidak murah, namun hal itu sebanding kualitas hidup yang didapat. Berdasarkan tingkat kualitas hidup di 350 kota di dunia, Zurich dan Jenewa menduduki peringkat kedua dan ketiga terbaik. Sedangkan ibu kota Swiss, Bern, berada di peringkat kesembilan.