Perhatikan Penampilan Anda Ketika Tes Wawancara Beasiswa

Penampilan diri (grooming) sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, apalagi ketika kita hendak melamar beasiswa. Bahkan penampilan dapat mencerminkan kepribadian seseorang.

Tes wawancara hanya berlangsung sekitar 15-30 menit tapi menjadi penentu nasib seseorang di masa depan. Oleh karena itu, hadir dengan penampilan terbaik adalah wajib demi meningkatkan performa dan menciptakan kesan yang positif saat wawancara berlangsung. Penampilan yang baik juga akan meningkatkan rasa percaya diri saat Anda berinteraksi dengan pihak penilai lembaga beasiswa.

Kunci berpenampilan baik saat wawancara sangatlah se­derhana : rapi, bersih, dan wangi.

1. Rapi

Pastikan Anda mengenakan pakaian yang nyaman dan pas dengan bentuk tubuh : tidak terlalu longgar dan tidak ketat. Perlu diperhatikan juga bahwa pakaian yang dikenakan terlihat sopan dan wajar : kemeja berkerah, batas kancing baju sejajar bahu, batas rok di bawah lutut, rambut rapi (pria jangan gondrong), dan aksesori sewajarnya.

Untuk praktisnya Anda dapat memadukan celana panjang/rok kain hitam dengan kemeja formal lengan panjang (warna apa saja), dengan menggunakan sepatu pantofel dan tali pinggang hitam. Atau bisa juga Anda mengenakan kemeja etnik (menunjukkan unsur budaya Indonesia). Jika Anda gampang berkeringat, sebaiknya kenakan kaus singlet atau kaus tipis agar kemeja tidak basah saat wawancara berlangsung.

2. Bersih

Pastikan Anda mengenakan baju yang warnanya tidak kusam. Antisipasi wajah yang gampang berkeringat atau berminyak dengan membawa tisu basah untuk membersihkan dan menyegarkan muka sesaat sebelum wawancara. Khusus bagi pria, hal-hal kecil seperti kumis, kuku, janggut, atau bulu hidung sebaiknya dirapikan atau dipangkas supaya terlihat lebih bersih (jangan sampai terlalu panjang)

3. Wangi
Jika memang tidak memiliki masalah bau badan, penggunaan wewangian bisa diabaikan. Namun, pengguna­an parfum bermanfaat agar aroma badan tetap segar.

Apalagi jika ternyata Anda mendapat giliran terakhir saat wawancara, sudah pasti Anda harus menunggu lama hingga badan pun tak terasa segar lagi. Oleh karena itu ada baiknya Anda menggunakan parfum. Gunakan parfum yang aromanya lembut dan semprotkan sewajarnya. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan bedak yang beraroma segar untuk menjaga kesegaran tubuh terutama jika punya masalah dengan bau badan. Aroma badan terkesan sepele, tapi mempengaruhi kenyamanan saat berinteraksi.