Tips Membuat Motivation Letter Beasiswa

Motivation Letter adalah salah satu syarat umum ketika mengajukan beasiswa, khususnya tujuan ke luar negeri. Motivation Letter merupakan tulisan singkat yang umumnya tidak lebih dari satu halaman, yang berisi deskripsi singkat tentang diri anda dan alasan kuliah. Dalam sebutan yang lain berkas ini dikenal juga dengan istilah Statement Letter

Mengingat pentingnya motivation letter ketika mengajukan beasiswa, berikut ini beberapa tipsnya yang dikutip dari buku Jurus Kuliah ke Luar Negeri.

1. Keterkaitan antara latar belakang pendidikan atau pekerjaan

Latar belakang pendidikan terakhir dan/atau pekerjaan yang berkaitan akan memudahkan anda untuk menerima materi perkuliahan dan menjadi ahli di bidang yang ditekuni.

2. Penggunaan tata bahasa

Penting bagi anda ketika menulis Motivation Letter untuk menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, dengan harapan Motivation Letter yang anda buat mudah dipahami.

3. Ungkapkan apa yang menjadi keunikan dan kelebihan anda

Langkah ini dilakukan agar anda berbeda dengan kandidat lainnya. Misalnya, keaktifan anda di masyarakat, partisipasi dalam lomba ataupun kejuaraan nasional, publikasi tulisan di jurnal-jurnal internasional, dan lainnya.

4. Buatlah satu Motivation Letter untuk satu universitas

Jika anda berniat untuk mengajukan aplikasi ke beberapa universitas, membuat satu Motivation Letter dan mengirimkan Motivation Letter yang sama ke beberapa universitas bukanlah pilihan yang tepat.

5. Sertakan alasan, jika IPK anda tidak terlalu bagus

Berikan alasan logis yang dapat diterima oleh penguji, serta alasan yang kuat mengapa anda merupakan orang yang layak untuk dipilih walaupun nilai IPK anda tidak begitu menonjol.

6. Jelaskan tujuan anda memilih program tersebut

Tentunya tujuan tersebut bukan sekadar untuk mendapatkan gelar. Kaitkan tujuan anda mendaftar ke jurusan tersebut dengan tujuan anda setelah nanti kembali ke Tanah Air. Pastikan tujuan tersebut mempunyai dampak positif dan diapresiasi banyak penyedia beasiswa maupun pihak universitas.

Baca Juga :  Shizuoka University Asia Bridge Program : Beasiswa S1 di Jepang