Home Viral Kamu YouTuber? Kampus di Aceh Ini Berikan Beasiswa Khusus YouTuber, lho!

Logo YouTube | www.acehkita.com

Beasiswa biasanya identik dengan nilai tinggi, berprestasi dalam bidang akademik maupun olahraga, dan lain sebagainya. Tapi tampaknya kini banyak pihak yang ingin mengapresiasi kreativitas anak muda Indonesia. Jika kamu seorang YouTuber, kamu bisa dapet beasiswa penuh, lho!

Sebelumnya Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) akan memberikan beasiswa bagi YouTuber yang memiliki 10 ribu pengikut di akun mereka. Mengikuti UPNVJ, STKIP Bina Bangsa Getsempena (STKIP BBG) Banda Aceh juga akan memberikan beasiswa bagi YouTuber.

Ilustrasi iklan YouTube | www.detik.com

Dilansir dari CNN Indonesia, STKIP BBG ini akan menyeleksi calon penerima beasiswa bagi YouTuber yang membuat konten pendidikan atau konten lain di luar tema pendidikan asal memiliki dampak yang positif di masyarakat.

"Kami lihat kemampuannya [calon penerima beasiswa] namun ini kan harus ada seleksi. Seleksi dalam artian konten yang mereka sudah munculkan di Youtube itu bertema apa, apakah pendidikan atau memang general, kita akan berfokus pada pendidikan nantinya tapi setelah seleksi yang general itu sangat bermanfaat, kita kondusifkan," ujar Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama STKIP BBG, Regina Rahmi.

Berbeda dengan UPNVJ yang mengharuskan calon penerima beasiswa memiliki pengikut 10 ribu orang, STIKP BBG belum menentukan jumlah minimal pengikut calon penerima beasiswa. Mereka akan menyeleksi calon penerima beasiswa berdasarkan tema, jumlah pengikut, dan indikator lainnya.

STKIP Bina Bangsa Getsempena | www.tagar.id

STIKP BBG akan merekrut tim ahli di bidang IT untuk memeriksa apakah video calon penerima merupakan konten asli atau hasil mengunggah ulang dari YouTuber lain.

"Ada, itu jadi salah satu indikator penilaian yaitu orijinalitas. Dia membuat sendiri atau dari orang lain, kita punya tim ahli yg memang di bidang IT, kita juga melibatkan orang dari luar yg dari institusi luar untuk mengecek hal tersebut," tambah Regina.

Ilustrasi wisuda | www.tribunnews.com

Beasiswa ini dibuka sejak 26 Juni 2019 lalu. YouTuber yang terpilih rencananya akan mendapatkan beasiswa penuh untuk jenjang strata 1 atau S1.

Selain tema dan keaslian video, syarat lain bagi calon penerima beasiswa ini adalah subscriber hijau, program editing memakai editor open source , channel YouTube milik pribadi, klarifikasi data, dan mengikuti tes pembuatan kreasi.

“Syarat ini diberikan agar si penerima paket beasiswa ini benar-benar orang terpilih dan tepat sasaran, dan kami berharap banyak pemuda kreatif ini yang bisa mendedikasikan diri mereka didunia pendidikan, jadi sedekah jariyah lah untuk mengedukasi masyarakat,” jelas Regina.

Ilustrasi mahasiswa | www.fordham.edu

Pihak STKIP BBG sendiri mengatakan bahwa banyak sekali anak muda yang memiliki kreativitas namun tidak diperhatikan. Bahkan banyak dari mereka yang memiliki kondisi finansial yang menghambat mereka untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pihak kampus ingin memberikan kesempatan bagi mereka dengan cara memberikan beasiswa ini.